Menu

Layanan Hibrida Disdukcapil Kukar Tingkatkan Akses Kependudukan ke Pelosok

Rabu, 7 Mei 2025 38

Layanan Hibrida Disdukcapil Kukar Tingkatkan Akses Kependudukan ke Pelosok

Layanan Hibrida Disdukcapil Kukar Tingkatkan Akses Kependudukan ke Pelosok

Penulis: Jati | Editor: Zqr

TENGGARONG — Inovasi sistem layanan ganda yang diterapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara terbukti mampu menjangkau masyarakat di wilayah pelosok yang masih minim akses internet. Sistem hybrid ini memungkinkan masyarakat tetap memperoleh layanan kependudukan meski berada di daerah blank spot.

 

Kepala Disdukcapil Kukar, M. Iryanto, mengatakan bahwa solusi ini diambil karena masih banyak warga yang belum bisa mengakses sistem online.

 

“Masih ada wilayah-wilayah yang kesulitan mengakses layanan online karena keterbatasan jaringan. Untuk itu, kami menerapkan sistem layanan ganda,” ujarnya.

 

Melalui sistem ini, warga dapat datang ke kantor desa atau kecamatan. Petugas akan membantu proses layanan administrasi menggunakan jaringan internet milik pemerintah.

 

“Bagi warga yang tidak memiliki perangkat atau belum memahami cara menggunakan layanan online, mereka bisa datang ke kantor desa, di mana petugas yang ditunjuk kepala desa akan membantu proses pengajuan secara digital,” jelas Iryanto.

 

Selain menyediakan pelatihan kepada petugas desa, Disdukcapil Kukar juga melakukan supervisi berkala guna memastikan semua proses berjalan sesuai standar.

 

Layanan yang tersedia mencakup seluruh dokumen administrasi seperti KTP, Kartu Keluarga, dan akta kelahiran.

 

Iryanto berharap dengan pendekatan hybrid ini, kesenjangan layanan publik antara kota dan desa dapat semakin dipersempit, sekaligus memperkuat kesadaran administrasi kependudukan masyarakat.