Menu

Bangkitkan Ekonomi Kreatif Kukar, Edi-Rendi : Konsisten Gelar Kukar Land Festival

Sabtu, 16 September 2023 101

Bangkitkan Ekonomi Kreatif Kukar, Edi-Rendi : Konsisten Gelar Kukar Land Festival

Kukar Land Festival

Penulis: adm | Editor: adm

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memastikan memindahkan venue gelaran Kukar Land Festival yang akan berlangsung pekan depan, pada 22-23 September 2023.

Perhelatan akbar ini digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-241 Kota Tenggarong yang akan dilaksanakan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Artis ibu kota hadir dalam even akbar ini untuk menghibur warga, Bakal hadir diantaranya : Club Dangdut Racun, Soegi Bornean, Tipe-X, Potret Band, Maliq & D’essentials, Soneta Grup, Setia Band dan Guyon Waton. 

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin
menggadang-gadang bahwa ini merupakan even besar di Kukar dengan menghadirkan 100 stan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ia menjamin, even ini akan mengguncangkan Tenggarong dengan target 100 ribu pengunjung datang ke Kota Raja untuk membelanjakan uangnya. 

Dengan adanya perhelatan ini "Saya yakin sektor ekonomi kreatif Kukar bangkit, hotel-hotel penuh, warung makan habis semua dagangannya. Multiplier efek semua sektor yang ada di sekitaran kegiatan ini akan terkena dampaknya,” pungkasnya

Sementara itu, Slamet Hadirahardjo yang merupakan Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara mengungkapkan alasan berpindahnya lokasi Kukar Land Festival dikarenakan prediksi animo masyarakat yang akan membludak. Ia pun mempertimbangkan daya tampung dan keamanan pada lokasi sebelumnya.

"Kami telah melakukan rapat, dan memutuskan untuk memindah venuenya ke lokasi yang lebih memadai untuk penonton yang banyak," jelasnya.

Slamet mengatakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sudah mulai mempersiapkan helatan Kukar Land Festival sejak beberapa bulan sebelumnya. 

Untuk persiapan lokasi dan panggung, pihak penyelenggara pun akan mempersiapkan pada Senin mendatang, pada Kukar Land Festival nanti, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mempersiapkan segala fasilitas untuk konser, mulai dari stan UMKM, parkiran hingga WC.

"Mulai tanggal 17 September nanti kita sudah memulai pasang panggung," lanjutnya.

Untuk pengamanan, Slamet memastikan akan mempersiapkan segalanya dengan matang. Kukar Land Festival akan memiliki dua susunan panggung berbeda. 

Panggung pertama yakni Kumala yang akan berada di dalam stadion. Sedangkan panggung dua, yakni Tanah Merah berada di luar. 

Dalam pelaksanaannya, Slamet juga memastikan pemerintah mempersiapkan ribuan pesapu (Ikat Kepala Suku Kutai) gratis kepada penonton. Untuk memecahkan rekor MURI penggunaan pesapu terbanyak.

"Menjelang Kukarland ini kami memgharapkan agar kegiatan berlangsung lancar dan sukses. Saya juga mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan ini dan tidak membuat keonaran," harap Slamet